Wawancara SBS Australia tentang World Cities Day

Awalnya saya sempat kaget dan tak percaya ketika mendapat email yang berisi permintaan wawancara yang katanya dari sebuah stasiun radio di Australia. Apalagi email yang dipakai adalah email personal. Dengan setengah hati saya sanggupi permintaannya. Kebetulan memang tema yang akan dibicarakan cukup menarik yaitu tentang World Cities Day.

Sebelum wawancara saya coba pastikan dengan mendengarkan rekaman-rekaman siarannya secara online dan ternyata cukup menarik. Programnya sendiri berbahasa Indonesia karena memang didesain sebagai sesi spesial Bahasa Indonesia. Pada waktu yang ditentukan, pihak radio (mungkin produser acaranya) menelpon saya dan kemudian penyiarnya mewawancarai secara live.

Produser acara yang menelpon saya sebelum wawancara berbicara dalam Bahasa Indonesia tapi dari logatnya saya bisa menerka bahwa yang bersangkutan adalah penutur asing. Tapi dengan fasih, beliau menjelaskan teknis wawancaranya. Pada akhir acara, saya iseng bertanya. Dari mana bapak dapat referensi tentang saya? Benak saya menduga-duga siapa ya kira-kira orang yang berbaik hati mengenalkan saya kepada pihak radio ini?

Jawabannya benar-benar di luar perkiraan saya. Beliau berkata bahwa beliau pernah membaca artikel-artikel yang saya tulis di internet yang isinya sesuai dengan tema yang akan diangkat. Dari situ kemudian beliau berusaha mencari informasi tentang saya dan mencoba menghubungi saya. Sesederhana itu saja alasannya.

Jawaban beliau semakin menambah semangat saya untuk terus menggali ilmu, mencerna dalam pemikiran, mengkreasikan gagasan, mengabadikan dalam tulisan, dan yang paling penting, membagikannya melalui dunia informasi yang tanpa batas lagi ini. Ilmu itu harus dibagikan agar bermanfaat dan terus bertambah. Ilmu apa saja, kecuali ilmu HOAX!

Manfaatkan internet dgn positif, insyaaAllah jadi salah satu pintu untuk kemana saja (kayak punyanya Doraemon) 😁

Podcast wawancara pekan lalu dengan SBS Australia tentang Hari Kota-kota Sedunia bisa didengarkan kembali di sini:

https://www.sbs.com.au/yourlanguage/indonesian/id/audiotrack/hari-kota-sedunia-2018?fbclid=IwAR2JSHFRo3y4A4U-fddhSbb43xUA8v6L5jvxyT8mgRilq-YKgto5TkY-HgQ

Untitled

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s