Untuk Ruang Terbuka Publik, Mana yang Lebih Penting?

Pada tanggal 28 Juni 2018, saya mencoba melakukan polling sederhana di media sosial dengan durasi selama 1 hari saja. Pertanyaannya juga hanya satu dan sederhana saja: Untuk ruang terbuka publik mana yang lebih penting, penghijauan dan fasilitas, atau, aktivitas dan multifungsi. Dari total 111 responden dengan polling di FB dan Instagram ternyata hasilnya menunjukkan tren prosentase yang sama. Sekitar 65% memilih PENGHIJAUAN & FASILITAS, dan 35% memilih AKTIVITAS & MULTIFUNGSI sebagai factor terpenting dalam suatu Ruang Terbuka Publik yang baik.

Mungkin sekilas melihat hasil ini kita menganggapnya sebagai kewajaran. Apalagi karena pertanyaannya ditujukan kepada warga kota-kota di Indonesia yang secara umum masih sangat mendambakan keberadaan suatu Ruang Terbuka Publik dengan fasilitas umum yang lengkap dan hijau.

Namun yang menarik bagi saya dari “riset” sederhana ini adalah jika kita lihat lebih detil ke angka prosentasenya, ternyata perbandingannya adalah sekitar 2:1. Dimana cukup banyak juga yang menginginkan Ruang Terbuka Publik yang multifungsi dan dapat menampung berbagai aktivitas warga kota.

Inilah yang menjadi pembeda antara konsep perencanaan Ruang Terbuka Publik ala “barat” dan “timur”. Seperti yang pernah saya share sebelumnya dalam tulisan di blog saya:

https://fritznuzir.com/2018/05/15/public-open-space-4-0/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s