Pengantar Buku Antologi Kota Indonesia #1

Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momentum persatuan bangsa Indonesia, bangsa yang besar dengan berbagai macam suku bangsa dan budaya. Persatuan bangsa ini pun dilandasi oleh prinsip Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Pada awalnya keberbedaan merupakan keniscayaan dan kebanggaan, sebagai bagian
dari identitas bangsa. Karakter sosial budaya tiap daerah terwujud nyata dalam bentuk fisik dan ruang yang unik dan berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Dan seiring dengan proses pembangunan perlahan namun pasti, satu per satu daerah tersebut bertransformasi menjadi kota.

Kota-kota Indonesia pun berkembang dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Ada yang terbentuk alami dari peradaban lokal, melalui perencanaan pemerintah Kolonial, atau terbentuk dari dorongan pertumbuhan perekonomian daerah tersebut. Pemerintah pusat dan daerah telah berupaya mendorong dan mengelola perkembangan kota melalui berbagai kebijakan dan regulasi. Namun di tengah arus globalisasi yang semakin deras, keberagaman latar belakang, karakter sosial budaya, dan identitas setiap kota pun semakin tergerus dan memudar.

Keberagaman kota-kota Indonesia belum sepenuhnya dipahami oleh para pemangku kebijakan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak sedikit kebijakan copy paste nan instant yang sering ditemui di berbagai dokumen rencana tata ruang maupun master plan perkotaan. Walaupun pada akhirnya pun dokumen-dokumen perencanaan tersebut sering di-bypass oleh kebijakan-kebijakan politis dan pragmatis. Pada umumnya kebijakan-kebijakan pemerintah kota saat ini masih sangat kekurangan pendekatan kontekstualitas dan lokalitas.

Karakter kontekstual dan identitas kota perlu diadvokasi melalui kumpulan tulisan yang dibukukan sebagai salah satu media. Buku ini berisikan tulisan-tulisan tentang seputar permasalahan-permasalahan terkini dari kota-kota di Indonesia yang ditulis dalam berbagai sudut pandang dengan latar belakang penulis yang beragam pula, namun mempunyai keinginan dan passion yang sama untuk mencari jalan keluar terhadap permasalahan-permasalahan kota tersebut. Demi kota-kota Indonesia yang berkelanjutan.

Kata Mereka tentang buku ANTOLOGI KOTA INDONESIA

“Kota adalah masa depan kita, seperti juga anak-anak muda adalah masa depan bangsa. Saya mengpresiasi dan menyambut baik inisiasi anak-anak muda Indonesia yang meluangkan waktu memikirkan masa depan kita semua. Selamat buat WaRC dan tim editor yang telah menjadikan kegiatan ini nyata.”

– Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp. Park. (Rektor Universitas Warmadewa)

“Sekelompok hunian dengan komunitasnya telah berkembang terwadahi kota yang karena kedinamisannya kemudian membesar-meluas. Wilayah yang pernah berperan penting dalam sejarah perkembangan kota dan arsitektur ada yang masih dilestarikan dan sebagian tercabik program revitalisasi. Itu terjadi dalam keberagaman kota di Indonesia. Sebagian beranggapan tanpa pembangunan, kota ketinggalan jaman. Sebagian menganggap kota tanpa bangunan tua bagaikan seseorang tanpa ingatan. Penting membaca buku ini untuk memahami perkembangan kota di Indonesia dan menyikapinya dengan tepat.”

– Prof. Totok Roesmanto (Guru Besar Universitas Diponegoro)

“Abad ke-21 ini adalah abad perkotaan mengingat jumlah penduduk kota yang terus bertambah dengan pesat dan peran perkotaan yang semakin penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan dunia. Kajian terhadap kota menjadi lebih relevan dan strategis bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia saat ini dan di masa depan. Keberagaman suku dan budaya yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia juga direfleksikan oleh dinamika kota-kota Indonesia yang berbeda. Buku ini memberikan para pembaca kajian terhadap banyak kota di berbagai bagian Indonesia dari beragam disiplin ilmu. Buku ini penting dibaca dan dipahami untuk kebaikan pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang majemuk ini.”

– Dr. Deden Rukmana (Dosen Studi Perkotaan dan Perencanaan di Savannah State University, Amerika Serikat dan Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional – I4)

39468384_10217368522155994_7497851427990011904_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s