Air Keran yang Dikemas

Ada yang berbeda hari ini di pojok meja pantry kantor yang biasanya diisi oleh beraneka ragam bahan minuman dari berbagai negara. Ada sesosok botol berwarna putih yang tidak biasanya “nongkrong” di situ.

Botol berwarna putih itu adalah botol kemasan alumunium yang berisi air dari keran (tap water) atau air ledeng yang sehari-harinya digunakan oleh warga kota Kitakyushu. Air ledeng? Iya air yang biasanya keluar dari keran dan pipa air yang didistribusikan ke rumah-rumah dan fasilitas umum. Air yang sama, tanpa dimasak atau diolah lagi. Sama saja, di tiap rumah air di keran dapat langsung diminum.

Lalu untuk apa dibuat dalam kemasan dan kemudian didistribusikan? Apa ada yang mau beli? Memang tujuan utama dari pendistribusian air ledeng dalam botol kemasan ini adalah sebagai media promosi dan edukasi atas upaya pemerintah dalam mengelola dan menyediakan persediaan air bersih bagi warganya. Kemajuan dalam pengelolaan air bersih dan air minum memang merupakan salah satu keunggulan kota Kitakyushu selain teknologi pengelolaan sampah dan daur ulang.

Juga pembuatan kemasan dalam botol alumunium juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik dan memperpanjang jangka waktu penggunaan produknya. Yang lebih keren lagi, air kemasan dalam botol-botol alumunium ini juga diperuntukkan sebagai persiapan apabila terjadi bencana dan keadaan darurat lainnya. Apakah ada yang terpikir bahwa pengelolaan sampah yang timbul pasca bencana (waste disaster management) juga merupakan perkara yang pelik? Botol alumunium ini paling tidak mengurangi jumlah sampah plastik terutama pasca bencana (pet bottle, kemasan mie instan, dsb).

Dalam Sustainable Development Goals nomor 6 pun tertulis tujuan penjaminan ketersediaan dan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua. Tapi jangan coba-coba mengisi botol air kemasan dengan air keran di Indonesia ya. Apalagi untuk dijual.

Belum saatnya, Ferguso…

48020189_10155591595055738_282901408364101632_o

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s