Titip Sepedamu

20171206_085620

Pengembangan Low Carbon City dengan salah satu parameternya yaitu Eco-mobility bukan berarti sama saja dengan menyusahkan para pengguna kendaraan bermotor. Yang notabene merupakan bentuk adaptasi terhadap kehidupan #JamanNow yang menuntut segala sesuatunya serba praktis dan cepat.

Salah satunya bukti penerapannya bisa dilihat pada contoh fasilitas publik yang sangat sederhana yaitu Tempat Penitipan Sepeda. Para pengguna sepeda bisa dengan mudah menjangkau stasiun kereta api yang kemudian digunakannya untuk menempuh perjalanan jarak jauh dengan praktis atau perjalanan jarak dekat dengan cepat. Begitu pun sebaliknya. Para pengguna transportasi umum seperti kereta atau bis dapat dengan mudah mencapai rumahnya masing-masing yang lokasinya tidak begitu dekat dengan stasiun kereta atau terminal bis kota.

20171206_085724

Lokasi tempat penitipan sepeda yang bisa dilihat dari foto ini terletak persis di dekat Stasiun Orio di Kitakyushu. Fasilitas ini buka sampai malam dengan biaya penitipan sepeda selama 1 hari yang lebih murah ketimbang biaya bensin mobil pribadi atau bahkan menggunakan bis. Pembayarannya dengan mesin sehingga tidak ada pungli. Keamanannya terjaga baik karena ada formal security. Kondisi tempatnya pun bersih dan terawat.

20171206_085650

20171205_191515

Saya kurang tahu persis apakah ini bagian dari fasilitas stasiun atau tidak. Hanya saja saya fikir saat pemerintah kota memfasilitasi keberadaan tempat penitipan sepeda ini tentu saja sejalan dengan kepentingan dan kebutuhan warga kotanya. Dan yang lebih penting visi kotanya sebagai kota industri yang ramah lingkungan.

20171206_085647.jpg

Tentunya ini hanya salah satu contoh penerapan konsep Low Carbon City. Tidak bisa mentah-mentah kita copy paste. Karena salah satu parameter yang lain adalah contextuality atau lokalitas. Jadi kita bisa perkaya variasinya sesuai dengan kondisi kota di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s